Connect with us

Ventilasi Adalah Sistem Pertukaran Udara. Ketahui Manfaat dan Jenisnya di Sini!

Panduan Properti

Ventilasi Adalah Sistem Pertukaran Udara. Ketahui Manfaat dan Jenisnya di Sini!

Prev1 of 3

Ventilasi adalah sistem pertukaran udara di suatu ruangan. Hunian yang nyaman merupakan hunian yang memiliki sirkulasi atau ventilasi udara yang baik. Bahkan, di Tiongkok percaya kalau ventilasi yang baik berkaitan erat dengan ilmu feng shui.

Untuk itu, penting dalam memperhatikan ventilasi sebelum membeli atau menyewa rumah. Pengaturan ventilasi udara yang kurang tepat, bisa berdampak besar. Mulai dari mengancam kesehatan keluarga, hingga biaya perawatan rumah yang menjadi tinggi.

Guna mengenal lebih lanjut soal ventilasi, artikel ini akan membahas:

  • Ventilasi Adalah
  • Jenis Ventilasi
  • Penyebab Ventilasi Buruk dan Sumber Polusi dalam Rumah
  • Tips Memaksimalkan Ventilasi dalam Rumah

Ventilasi Adalah

Mengenal apa itu ventilasi. (Foto: Pexels –  Max Vakhtbovych)

Ventilasi adalah salah satu bagian yang umumnya ada pada sebuah bangunan, dengan bentuk lubang (bukaan) dan memiliki fungsi sebagai saluran tempat keluar masuknya udara (pengaliran udara).

Pada sebuah bangunan seperti rumah, ventilasi biasanya terletak di bagian atas pintu dan juga jendela. Meski tak menutup kemungkinan ventilasi juga ditempatkan pada bagian lain di dinding atau bagian atas rumah.

Ventilasi saat ini sudah berkembang menjadi salah satu bagian dari desain bangunan yang tidak kalah penting dari elemen lainnya. Sehingga selain membuat penghuni rumah bisa menghirup udara segar dari luar rumah, tetapi juga memiliki nilai estetika karena dapat menghidupkan suasana di suatu ruangan.

Salah satu manfaat ventilasi yang baik adalah dapat menjaga kelembapan suatu ruangan sehingga udara menjadi lebih sehat. Manfaat ventilasi udara sendiri adalah:

Menjaga Suhu Ruangan

Keberadaan ventilasi menjadi sangat penting ada pada sebuah bangunan, utamanya untuk menjaga suhu ruangan tetap terjaga atau tidak panas. Dengan adanya ventilasi, udara panas yang ada dalam ruangan, bisa keluar dan berganti dengan udara atau angin yang bisa lebih menyejukkan dari luar. Sehingga membuat penghuni yang ada di dalamnya merasa lebih nyaman dan kerasan.

Baca Juga  16 Kolam Ikan depan Rumah Minimalis dan Modern di Lahan Terbatas

Menjaga Kelembapan Udara

Melalui ventilasi juga akan membuat sebuah bangunan terjaga dengan baik dari kelembapan. Sebab udara lembap pada sebuah ruangan, bisa menyebabkan tumbuhnya jamur. Jika terus dibiarkan dalam waktu lama, jamur tersebut bisa merusak kondisi bangunan, dan juga akan memberi dampak buruk pada kesehatan penghuninya.

Membersihkan Udara

Keberadaan ventilasi juga menjadi penting sebagai pengontrol polutan atau partikel kimia yang mungkin mengkontaminasi udara pada sebuah bangunan atau rumah. Sebab pada dasarnya bahan kimia yang bisa mengkontaminasi udara di sebuah rumah bisa berasal dari macam-macam sumber.

Mulai dari cat tembok, elemen dalam konstruksi (misalnya lem dan emisi dari paparan partikel), senyawa kimia yang berasal dari produk pembersih lantai, hingga karbon monoksida yang berasal dari kompor yang digunakan memasak.

Menghilangkan Bau

Sirkulasi udara yang baik berkat ventilasi juga bisa menghadirkan manfaat terjaganya aroma ruangan dari bau yang mungkin muncul akibat aktivitas keseharian penghuninya.

Paling umum misalnya bau yang ditimbulkan dari hasil memasak makanan sehari-hari, bau yang berasal dari hewan peliharaan, maupun dari penghuninya yang mungkin kerap merokok di dalam ruangan.

Prev1 of 3

Artikel Panduan Properti Lainnya

Trending

To Top