Connect with us

Rumah Kayu Kelebihan dan Kekurangannya

Rumah Kayu

Desain Rumah

Rumah Kayu Kelebihan dan Kekurangannya

Prev1 of 2

Pada saat ini, desain rumah kayu sudah banyak dijumpai di berbagai tempat. Khususnya di wilayah perkotaan, mulai banyak orang yang mencoba untuk membangun tempat hunian mereka dengan menggunakan konsep pedesaan agar menciptakan kesan yang unik.

Rumah kayu pada saat ini bukan lagi dipandang sebagai rumah pinggiran atau berselera rendah. Sebaliknya, dengan menggunakan sistem desain yang tepat, maka sebuah rumah yang menggunakan bahan dasar kayu sebagai bahan baku utama bisa menghadirkan kesan mewah dan elegan.

Pada masa lalu, keberadaan rumah kayu ini masih identik dengan hal-hal negatif. Antara lain dipandang sebagai rumah yang jauh dari kesan modern, kumuh, kuno dan juga dianggap sebagai rumah orang desa. Dengan demikian, banyak orang yang memilih membangun rumah dengan sistem bangunan permanen dan tidak lagi menggunakan bahan baku kayu sebagai bahan utama.

Namun demikian, seiring perkembangan jaman terjadi pergeseran tren di tengah masyarakat. Terutama, bagi masyarakat kota yang hampir setiap harinya disibukkan dengan berbagai aktivitasnya, mulai melirik desain rumah kayu sebagai media untuk menciptakan kenyamanan di tempat tinggal mereka.

Hal ini karena desain rumah kayu ini dipercaya mampu menghadirkan suasana alami yang asri laksana di pedesaan. Selain itu, dengan kontur kayu yang khas, dipercaya mampu menghadirkan kesan sejuk secara alami yang sangat dibutuhkan bagi mereka yang tinggal di kawasan padat penduduk seperti di kota. Nuansa pedesaan pun mampu dihadirkan dengan adanya ciri khas bangunan berornamen kayu.

Dari sisi desain, rumah kayu ini bisa digolongkan ke dalam dua kelompok. Yang pertama adalah rumah kayu klasik dan yang kedua adalah rumah kayu modern atau mixed.

Untuk rumah kayu klasik, didesain sederhana dengan hanya memiliki satu lantai. Modelnya menyerupai gazebo atau rumah saung dengan memberikan ruang longgar di beberapa bagiannya.

Baca Juga  Desain Rumah Type 45 Model 1 Lantai & 2 Lantai

Sementara untuk rumah kayu modern ini, desainnya lebih rumit karena meniru desain rumah modern. Dimana rumah kayu modern ini biasanya terdiri lebih dari satu lantai, yang menjadikan setiap ruangannya terasa lebih lega.

Desain rumah kayu modern ini biasanya mengadaptasi dari desain rumah beton modern, dengan sistem bertingkat. Yang membedakan adalah material bangunann yang menggunakan bahan kayu.

Jenis kayu yang banyak digunakan untuk membangun rumah kayu ini biasanya dipilih dari kayu yang berkarakter keras, misalnya jati. Dengan demikian, kontruksi dari bangunan rumah tersebut tidak akan kalah dengan bangunan yang menggunakan material beton.

Untuk mengimbanginya, biasanya furnitur yang digunakan di dalam rumah dipilih menggunakan kayu yang ringan. Dengan demikian, beban dari rumah tersebut tidak terlalu berat, terutama jika rumah kayu itu menggunakan sistem modern yang dibangun bertingkat. Furniture yang dipilih misalnya terbuat dari kayu jabon atau sengon yang cenderung ringan namun kokoh.

Prev1 of 2

Artikel Desain Rumah Lainnya

Trending

To Top