Connect with us

Menata Interior Rumah Minimalis

Desain Interior

Menata Interior Rumah Minimalis

Prev1 of 3

Rumah minimalis memerlukan penataan layout interior khusus. Penataan layout ruang senantiasa mempertimbangkan sudut ruang agar tidak terbuang percuma. Prinsip penataan interior rumah minimalis ini harus fungsional dan efisien agar ruang terasa lapang dan lega.

Pemilihan dan penataan furniture yang praktis dan fungsional tanpa banyak pernik akan menghadirkan kesan interior rumah minimalis yang simpel dan kuat. Pilihan warna, material, pencahayaan, elemen dekoratif akan mendukung gaya simpel minimalis dan memberikan kenyamanan optimal bagi interior ruang yang terbatas.

Menata Interior

Ada beberapa yang harus diperhatikan dalam penataan interior rumah minimalis sebagai berikut :

Dalam pemilihan bentuk furniture yang sebaiknya geometri tanpa ornamen yang rumit dan mudah perawatannya agar memberi kesan ruang yang lapang. Juga harus didukung oleh pilihan warna dan material furniture yang disesuaikan dengan tema interior.

Jika memungkinkan hadirkan furniture yang multifungsi seperti bagian bawah kursi yang bisa dimanfaatkan untuk ruang penyimpanan buku-buku atau sofa yang dirancang dapat dijadikan tempat tidur.

Model Interior Rumah Minimalis

Model Interior Rumah Minimalis

Kehadiran pernak pernik sebagai pemanis pada ruang simpel minimalis sebaiknya tidak mendominasi tampilan ruang secara keseluruhan. Sesuaikan warna pernak pernik dengan tema ruangan, harmoni atau kontras.

Pernak pernik yang sering dihadirkan dalam interior rumah minimalis adalah wall art, baik lukisan, foto maupun karya grafis lainnnya. Deretan lampu gantung juga dapat ditampilkan secara estetis dengan mengatur komposisi dan peletakannya.

Merancang jalur sirkulasi yang efisien dan simpel. Pemilihan jalur sirkulasi yang tepat harus disesuaikan dengan layout rumah secara keseluruhan.

Jalur sirkulasi linier atau segaris merupakan pilihan jalur sirkulasi yang hemat ruang untuk susunan ruang yang memanjang. Pilihan jalur sirkulasi yang memusat lebih tepat untuk susunan ruang yang melingkar.

Baca Juga  Plafon Gypsum dan Kalsiboard

Memanfaatkan ruang sisa untuk tempat penyimpanan atau storage. Dengan ruang terbatas, tentu pemilik rumah akan dituntut untuk mampu memaksimalkan pengalokasian dan penyimpanan barang-barang sebaik mungkin agar tetap terlihat rapi dan simpel.

Anda bisa memanfaatkan ruang sisa di bawah furniture, seperti di bawah kursi, tempat tidur, meja untuk penyimpanan buku-buku, majalah, dan lain-lain.

Demikian pula ruang sisa pada bagian elemen interior, dapat Anda manfaatkan sebagai ruang penyimpanan seperti di bawah tangga, di dalam plafon, di sudut ruang. Atau pada bagian dinding yang kosong, Anda bisa menambahkan rak simpel minimalis.

Partisi sebagai pembatas ruang pun dapat dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan buku-buku. Partisi tidak hanya berupa rak atau rangka kayu saja, namun partisi juga dapat dihadirkan hanya berupa lembaran kaca atau cermin yang dipasang vertikal.

 

Rancangan Interior Rumah Minimalis

Desain interior rumah minimalis hingga saat ini masih sangat disukai oleh masyarakat. Hal ini khususnya sebagai sebuah jawaban dari kebutuhan masyarakat yang memerlukan rumah sederhana namun memiliki fungsi secara optimal.

Konsep rumah minimalis ini biasanya banyak ditemui di kawasan perkotaan. Di mana lahan di kota biasanya sangat terbatas, sehingga sulit untuk mengembangkan sebuah rumah yang berukuran luas. Dengan melakukan penataan interior rumah minimalis inilah, maka setiap ruang bisa difungsikan dengan maksimal.

Di sisi lain, pemilihan rumah minimalis pun terkait dengan kondisi sosial yang terjadi sekarang ini. Dimana sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk membatasi jumlah anak. Sehingga kebutuhan rumah yang berukuran luas pun tidak perlu terlalu mendesak. Karena dengan jumlah keluarga yang kecil, maka rumah berukuran minimalis pun bisa digunakan secara optimal.

Hal inilah yang membedakan dengan konsep keluarga pada masa lalu. Dimana ada sebuah pameo kuno yang menyebutkan bahwa banyak anak banyak rejeki. Sehingga hal itu berpengaruh pada kebutuhan rumah sebuah keluarga.

Baca Juga  Memilih Ubin Keramik Rumah Minimalis

Dengan jumlah keluarga yang besar, maka kebutuhan rumah berukuran luas pun menjadi sebuah hal yang mutlak. Rumah dengan banyak ruangan dan ukuran yang besar pun menjadi sebuah keharusan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Sedangkan dalam sebuah rumah yang menggunakan konsep minimalis, ruangan yang tersedia memiliki sifat yang fungsional dan bisa digunakans ecara optimal.

Misalnya ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, dapur atau juga kamar mandi. Sementara untuk pada bagian luar rumah, selain bagian teras juga sering disisakan sebagai ruang garasi untuk keluarga yang mempunyai mobil dan memerlukan ruang penyimpanan kendaraan.

Sementara, beberapa bagian ruangan lain yang dianggap kurang berfungsi secara optimal biasanya tidak diprioritaskan untuk dibuat.

Prev1 of 3

Artikel Desain Interior Lainnya

Trending

To Top