Connect with us

Desain Rumah Panggung Kayu & Beton Minimalis Modern

Desain Rumah Panggung

Contoh Desain Rumah

Desain Rumah Panggung Kayu & Beton Minimalis Modern

Prev1 of 3

Pada beberapa daerah di Indonesia rumah panggung merupakan pilihan bijak sebagai tempat tinggal. Alasan mengapa orang memilih desain rumah panggung sangat beragam.

Di antaranya adalah faktor antisipasi terhadap bencana alam, keadaan tanah yang berawa dan sering banjir, ataupun faktor alam lainnya, seperti masih banyaknya hewan berbahaya.

Ada juga karena masih kuatnya tradisi mempunyai rumah panggung. Walaupun membuat rumah biasa tidak ditentang, rasanya ada perasaan risih berada di bawah rumah orang. Hal ini membuat orang masih membuat rumah panggung dengan segala keunikannya.

 

Konsep Rumah

Rumah memiliki banyak konsep dalam penalarannya. Rumah sebagai tempat usaha, rumah sebagai investasi, rumah sebagai tempat tinggal, rumah sebagai pusat rekreasi keluarga, rumah sebagai tempat melepaskan segala kepenatan jiwa dan raga serta rumah sebagai tempat berlindung.

Setiap konsep tersebut akan berkembang dan diwujudkan dalam berbagai bentuk rumah sesuai yang diinginkan oleh pemiliknya.

Contohnya rumah sebagai tempat usaha, akan terbangun gedung atau bangunan berupa Ruko atau Rumah Toko. Rumah sebagai investasi, diwujudkan dalam deretan rumah-rumah atau kamar-kamar kost yang diolah dan dikelola sedemikian rupa oleh pemiliknya sebagi investasi atau simpanan masa depan. Rumah sebagai tempat tinggal, berupa bangunan rumah satu lantai, dua lantai, rumah dinas, rumah pribadi dan lain sebagainya.

Desain Rumah Panggung Minimalis Modern

Desain Rumah Panggung Minimalis Modern

Rumah sebagai pusat rekreasi keluarga, terwujud dalam bentuk rumah-rumah villa yang berada di pantai ataupun di pegunungan. Yang tujuannya untuk pesiar sesekali waktu diperuntukkan bagi anggota keluarga.

Rumah sebagai tempat melepaskan segala kepenatan jiwa dan raga akan dirancang dengan konsep yang sesuai dengan kepribadian. Terkadang malah tidak mempunyai banyak ruangan dan tidak juga diisi dengan perabotan yang banyak.

Baca Juga  Denah dan Desain Rumah Tinggal 13x14M

Rumah dibuat sangat fungsional. Segal sesuatu yang tidak mempunyai fungsi tidak akan dibuat. Rumah seperti ini sangat sesuai dengan kepribadian sang pemilik.

Ia yang akan menunggu rumah itu hingga ajal menjemputnya sehingga ia tak mau mempunyai banyak barang dan merasa repot mengurusi barangnya. Waktunya diisi untuk melakukan banyak hal bagi hidup dan kehidupannya kini dan kelak.

Rumah sebagai tempat berlindung. Lebih mengutamakan tindakan antisipasi dan pencegahan. Antara lain diwujudkan berupa rumah panggung. Rumah panggung di setiap daerah akan berbeda fungsinya.

Rumah panggung di daerah Kalimantan dan Jawa Barat dibuat dengan maksud mencegah gangguan hewan liar dan buas. Rumah panggung di Sumatera sebagian untuk menghindari bencana banjir.

Sedangkan rumah panggung di Lombok atau pulau Sumbawa lebih untuk menghindari banjir luapan air laut atau tsunami. Desain rumah panggung di daerah-daerah ini tentu saja berbeda.

Ketinggian setiap rumah panggung juga berbeda. Ada yang dibangun dengan ketinggian 2 meter saja. Tetapi ada yang dibangun dengan ketinggian 4-5 meter dari permukaan tanah.

Rumah panggung yang ada di Sumatera yang dibangun 4-5 meter di atas permukaan tanah, kini malah dibuat lebih indah dan lebih kokoh agar bagian bawahnya bisa dimanfaatkan untuk membuat kamar atau malah tempat usaha dan garasi mobil.

Ada juga yang memanfaatkan bagian bawha rumah panggung itu untuk kandang atau tempat hewan ternak dan tempat penyimpanan kayu bakar dan perahu serta peralatan pertanian.

Ada juga bagian bawah rumah panggung yang digunakan sebagai tempat penggilingan padi secara tradisional atau sebagai tempat berkumpulknya keluarga dengan dibangun beberapa tempat duduk besar yang terbuat dari bambu.

Prev1 of 3

Artikel Contoh Desain Rumah Lainnya

Trending

To Top