Connect with us

Desain Pagar Rumah, Dari Minimalis Sampai Tembok Modern

Desain Pagar Rumah, Dari Minimalis Sampai Tembok Modern

Desain Rumah

Desain Pagar Rumah, Dari Minimalis Sampai Tembok Modern

Prev1 of 3

Tidak hanya berfungsi sebagai pembatas antara rumah dengan jalan, pagar pun bermanfaat sebagai pengaman. Namun, karena posisinya berada di garis depan, desain pagar rumah memiliki nilai tambah bila dirancang sesuai keinginan dan selera pemilik rumah.

Sebelum membuat pagar untuk rumah Anda, sesuaikan dengan model rumah. Apakah minimalis, klasik, mediteranian, atau bergaya etnik tertentu. Pengembangan desain, bentuk, dan ornamen pagar sebaiknya mengikuti tema yang sama.

Kemudian pertimbangkan ukuran luas rumah. Akan sangat janggal apabila rumah besar diberi pagar kecil, atau sebaliknya, karena tidak terlihat proporsional. Rumah yang besar bisa menggunakan pagar dengan aneka aksesori dan tambahan detail, tetapi rumah mungil sebaiknya memakai pagar berdesain minim serta berkesan ringan.

Sebagaimana model rumah, tren untuk pagar juga terus bergerak dari waktu ke waktu. Untuk mendapat bentuk pagar yang sesuai, carilah informasi dan berkonsultasi sebelumnya dengan arsitek atau pembuat pagar sebelum melakukan pemesanan.

 

Jenis-jenis Pagar Rumah

Seperti yang sudah dijelask sebelumnya, pagar rumah merupakan suatu eksterior di rumah yang nampak pada bagian muka rumah. Pagar disini tidak hanya berfungsi sebagai pembatas antara rumah dan bagian luar rumah, tetapi juga menjadi suatu pemandangan pertama yang menarik perhatian dari sebuah rumah.

Jka Anda berencana untuk memasang pagar rumah, Anda punya banyak jenis pagar yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan desain rumah. Hal yang pertama yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan dan jenis pagar rumah adalah apa tujuan Anda dalam memasang pagar rumah?

Aakah untuk melindungi, membatasi lahan, memberikan privasi atau hanya mempercantik rumah Anda. Hal tersebut sangat bergantung pada pemilihan jenis pagar dan desain yang nantinya akan Anda pilih untuk mendesain pagar rumah Anda.

Baca Juga  Tips Penataan Furniture Menggunakan Ilmu Feng Shui

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemilihan pagar untuk sebuah rumah harus terlebih dahulu dilatarbelakangi oleh tujuan dibuatnya pagar terebut. Bagi Anda yang kurang memahami jensi-jenis pagar yang didasari oleh tujuannya, berikut adalah keterangan jenis-jensi pagar rumah pada umumnya;

Pagar Rumah untuk Privasi
Jika tujuan Anda memasang pagar sebagai privasi maka sebaiknya desain pagar rumah yang Anda buat memiliki ketinggian sekitar 1,8 meter hingga 2,5 meter. Biasanya pagar yang bertujuan privasi ini berbentuk lurus-lurus dan bagian ujung atasnya berbentuk runcing.

Selain itu, pagar untuk privasi juga dapat dibuat berbentuk kotak-kotak dan memiliki celah kecil-kecil. Pagar rumah untuk privasi ini dapat dibuat dari material besi maupun stainless.

Pagar Rumah Semi Privasi
Pagar rumah berjenis semi privasi merupakan jenis pagar yang bisa masuk ke dalam jenis pagar lainnya. pagar yang bersifat semi privasi ini biasanya memiliki panel-panel yang terdapat di antara kisi-kisis pagar tersebut. panel di antara kisi-kisi tersebut dapat memberikan privasi yang diinginkan.

Pagar rumah yang bersifat semi privasi ini buisa dibuat dengan pemilihan panel yang memiliki bilah diagonal, sehingga lubang antara bilah akan berbentuk seperti berlian. Atau bisa juga memilih bilah yang disusun secara vertikal dan horisontal, sehingga lubang akanberbentuk kotak-kotak.

Pagar Rumah sebagai Hiasan
Pagar rumah yang bertujuan sebagai hiasan biasanya dibuat dengan memainkan desain, warna, tinggi, dan lain sebagainya. untuk pagar rumah yang bertujuan sebagai hiasan ini bisa Anda dapatkan dengan memilih model minimalis, klasik, atau modern. Anda juga bisa memberikan hiasan, seperti ukiran atau lekukan-lekukan pada pagar rumah agar terlihat lebih menarik dan cantik.

Pagar Rumah sebagai Pelindung
Pagar rumah yang dibuat dengan tujuan sebagai pelindung biasanya dibuat dengan menyesuaikan kondisi atau keadaan lingkungan rumah. Pagar rumah yang dibuat sebagai pelindung ini bisa bermacam-macam adanya, akan tetapi beberapa rumah sering menjadikan pagar sebagai pelindung rumah dari gangguan-gangguan dari luar, seperti binatang.

Baca Juga  Pengertian Eksterior dari Bahan Hingga Model

Jika Anda memiliki hewan peliharaan dan ingin melindunginya agar tidak terlepas keluar rumah maka Anda dapat memesan pagar khusus yang dibuat untuk menjaga keamanan mereka. Jangan lupa untuk menyesuaikan desain pagar rumah dengan desain rumah Anda.

Prev1 of 3

Artikel Desain Rumah Lainnya

Trending

To Top